Rabu, 10 Juli 2013

ANALISIS VISUALISASI INFORMASI PADA WEBSITE "www.newsmap.jp"

PENDAHULUAN
Visualisasi adalah (McCormick et al., 1987):
  • Metode penggunaan komputer untuk mentransformasi simbol menjadi geometrik.
  • Memungkinkan peneliti mengamati simulasi dan komputasi.
  • Memberikan cara untuk melihat yang tidak terlihat.
  • Memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduga.
  • Dalam berbagai bidang telah merevolusikan cara ilmuwan meneliti sains
Untuk mengerjakan beberapa tugas, presentasi visual — seperti peta atau foto — secara dramatis lebih mudah digunakan atau dipahami daripada deskripsi tekstual atau laporan yang diucapkan.

Jadi, Visualisasi Informasi adalah suatu metode penggunaan komputer untuk menemukan metode terbaik dalam menampilkan data untuk mengingat informasi dengan cara penerimaan alami manusia serta memberikan cara untuk melihat data yang sulit dilihat dengan pemikiran sehingga peneliti bisa mengamati simulasi dan komputasi, juga memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduga, salah satu contohnya adalah dengan menampilkan data/informasi dalam bentuk gambar. Contoh, struktur tree dan grafik.

Tujuan visualisasi informasi adalah : 
  • Mengeksplor
  • Menghitung
  • Menyampaikan
Prinsip-prinsip visualisasi informasi adalah : 
  • Fokus pada konten
  • Perbandingan
  • Integritas
  • Resolusi tinggi
  • Utilisasi konsep terdahulu dan teruji melewati waktu
  • Mantra pencarian informasi visual:
            - Overview terlebih dahulu,
            - Zoom dan filter,
            - Lalu details on demand.

Tipe data berdasarkan Taksonomi Tugas:

> Tipe data
1-D: Linear data
Data linear seperti dokumen teks, program source code, daftar nama yang sekuensial.

Mis.: TileBars, Document Lens, SeeSoft, Information Mural.
2-D: Map data
Data bidang atau peta mencakup peta geografis, denah, tata letak suratkabar.

Mis.: GIS, Tampilan spasial koleksi dokumen.
3-D: World
Objek dunia nyata seperti molekul, tubuh manusia, bangunan.
Pemakai harus mengatasi pemahaman posisi dan orientasi.

Mis.: WebBook, VRML CAD, Visible Human Explorer.
Temporal data
Time line.
Ada waktu awal dan akhir, boleh overlap.
Tugas tambahan: menjadi kejadian sebelum, sesudah, dan pada periode tertentu.

Mis.: Perspective Wall, Microsoft Project, Macromedia Flash, Lifeline.
Multi-dimensional data
Kebanyakan database relasional dan statistik.

Mis.: DataSplash, Starfield.
Tree data
Koleksi item dengan setiap item terhubung dengan parent.

Mis.: Windows Explorer, Treemaps
Network data
Data terhubung dengan sembarang jumlah item lain.

Mis.: NetMap, WebMap, SeeNet, Butterfly, Visualisasi WWW lainnya

> Tugas
Overview
  •  Memperoleh ringkasan seluruh koleksi.
Zoom
  • Melihat lebih dekat item-item yang menarik.
Filter
  • Menyaring item-item yang tidak menarik.
Details-on-demand
  • Pilih item atau kelompok dan mengambil rinciannya.
Relate
  • Melihat hubungan antaritem.
History
  • Memungkinkan undo, replay, perbaikan progresif.
Extract
  •  Ekstraksi subkoleksi dan parameter query.

PEMBAHASAN
Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, visualisasi informasi sangatlah penting di saat kita ingin menunjukkan data atau informasi kepada pihak lain karena manusia lebih mudah mengingat gambar dan lebih mudah membedakan data dari bentuk, panjang, orientasi, dan tekstur sehingga orang bisa mudah menyimpan data yang disampaikan tanpa harus perlu berlama-lama membaca data dalam bentuk teks.

Pada pembahasan ini, saya akan membahasa mengenai analisis visualisasi informasi pada situs "www.newsmap.jp" . Situs ini adalah sebuah situs yang menampilkan pokok berita dari "Google News". Situs ini menunjukkan hubungan antara setiap segmentasi berita-berita yang berbeda.
Gambar Tampilan Halaman Awal Situs
Berikut ini akan dilakukan analisis berdasarkan prinsip dan teknik dalam hal visualisasi informasi yang bersangkutan dengan Hubungan Manusia dan Komputer (Human - Computer Interaction).

Untuk hal - hal yang bersangkutan dengan pendekatan visualisasi informasi dibagi menjadi tiga, yaitu Software Agent, Data Mining, dan Information Visualization.  

1.     Software Agent
      Dalam  situs ini mampu menampilkan berita-berita pokok sesuai dengan apa yang user minta dalam menampilkan berbagai pokok berita sesuai dengan masing-masing segmen atau jenis berita yang ingin ditampilkan.

2.     Data Mining
     Situs ini melakukan penggalian data secara tepat dan spesifik berdasarkan berita-berita yang paling terbaru dan menjadi pokok berita yang paling banyak dibicarakan dan dilihat oleh pengguna di masing-masing negara. Situs ini mampu menampilkan berita-berita secara real-time dengan penggalian data yang terus diperbaharui setiap waktunya. 

3.       Information Visualization

        Pada situs ini, pengguna diberikan kemudahan dalam memvisualisasikan dan memilih setiap informasi berita yang mereka inginkan. Berita-berita ini dapat ditentukan berdasarkan asal negara berita tersebut maupun setiap segmen-segmen berita yang ada.
Gambar Untuk Pengguna Memilih Jenis Berita Yang Akan Ditampilkan
Gambar Untuk Pengguna Memilih Asal Topik Berita

Lalu dilihat dari komponen-komponen pembelajaran, sebuah visualisasi informasi dibagi atas empat hal utama, yaitu Data Analysis, Visual Structures, UI and Interaction, Analytic Task to be Performed.
1. Data Analysis 
    Dalam penyajian data yang terdapat pada situs tersebut dimana dalam membentuk sebuah berita yang akan ditampilkan, mereka menggunakan atribut-atribut data seperti asal berita tersebut, judul utama berita, sinopsis atau ringkasan berita, waktu dan tanggal dari berita-berita tersebut dan juga sumber berita tersebut diambil.
Gambar Contoh Tampilan Berita Pada Situs
2. Visual Structures 
    Penyajian data berupa topik-topik berita pada situs ini disajikan sangat terstruktur dikarenakan mereka membagi setiap berita kedalam bagian mereka masing-masing. Mereka membagi berita berdasarkan negara mereka masing-masing dan berdasarkan jenis berita masing-masing. Pemisahan berita ini digambarkan dengan garis penanda berwarna orange untuk negara atau region berita. Untuk pembagian berita menurut jenis nya, mereka membaginya berdasarkan warna yang berbeda-beda..

3. UI and Interactions
    Untuk tampilan dari situs tersebut dapat dikatakan cukup simpel dan enak dipandang bagi para pengguna. Penggambaran masing-masing berita dalam warna-warna yag berbeda dapat memberikan kesan yang simpel bagi pengguna tanpa harus dipusingkan dengan isi situs yang sepenuhnya dipenuhi teks-teks standar yang justru akan membuat pengguna akan merasa jenuh dan bosan. Interaksi dari situs ini juga sangat lazim dan mudah digunakan, dimana untuk mengetahui salah satu berita, maka pengguna hanya tinggal mengarahkan kursor ke salah satu berita dan dapat langsung mengetahui intisari berita maupun dapat membacanya secara lebih lanjut.
4. Analytic Task to be Performed
    Analisis tugas yang akan ditampilkan pada situs ini akan disesuaikan dengan apa yang pengguna ingin tampilkan. Pada halaman awal situs memang mereka akan menampilkan secara terlebih dahulu untuk berita-berita yang mencakup wilayah Amerika Serikat, namun bila pengguna ingin menampilkan substansi berita yang lain, maka situs ini akan mampu melaksanakan seperti apa yang pengguna inginkan. 



Ditinjau dari teknik penyajian Visualisasi Informasi, dibagi menjadi lima hal, yaitu Aggregation, Overview and Detail, Focus + Context, Drill-Down dan Brushing.

1. Aggregation
    Pada situs ini disajikan informasi berita dimana akan terlebih dahulu di generalisasikan atau bersifat umum secara keseluruhan menurut jenis berita mereka masing-masing tentunya. Berita secara keseluruhan yang tersaji ini dikumpulkan dari berbagai macam jenis berita  dari berbagai segmen yang kemudian disatukan menjadi keseluruhan berita dalam satu negara, dan bila pengguna ingin menampilkan berita dari berbagai macam negara, makan akan ruang lingkup penyajian akan diperbesar menjadi lintas negara.
Gambar Hasil Berita Hanya Pada Region Negara Amerika Serikat
Gambar Tampilan Situs Untuk Semua Region Negara

2. Overview and Detail
    Dalam penyajian situs ini disajikan dengan penggambaran berita secara keseluruhan dan belum mampu melakukan aksi zooming dalam menyorot atau memilih berita yang pengguna ingin baca, namun hanya sebatas  mampu mengetahui berita ketika pengguna menyorot dan mengarahkan kursor pada salah satu berita.

3. Focus + Context
    Situs ini mampu menampilkan penjelasan lebih lanjut dari berita yang ada pada cakupan tampilan global dan menyeluruh. Maksud dari hal ini adalah, situs ini mampu menampilkan bermacam-macam berita dari berbagai negara dalam satu cakupan tampilan tanpa terlihat berantakan. Situs ini pula menampilkan berita yang disorot oleh pengguna jika mereka ingin mengetahui berita tersebut secara lebih lanjut.

4. Drill-Down
    Pengguna mampu untuk melakukan seleksi atau pemilihan pada masing-masing berita yang ditampilkan, baik ditinjau dari satu region negara maupun dalam keseluruhan region yang dipilih. Hal ini memampukan pengguna untuk mengetahui informasi berita terkait lebih lanjut dan spesifik.

5. Brushing
    Dalam melakukan seleksi atau pemilihan berita pada situs ini, pengguna akan langsung dibawa untuk memasuki halaman berita itu lebih lanjut dan terperinci. Pengguna akan dibawa menuju berita-berita terkait dengan sumber berita mereka masing-masing  





0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.